RESUME KONSEP DAN PRINSIP PEMBELAJARAN PAKEM
RESUME KONSEP DAN PRINSIP
PEMBELAJARAN PAKEM
PAKEM
adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran
guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya,
mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Belajar memang merupakan suatu
proses aktif dari si pembelajar dalam membangun pengetahuannya, bukan proses
pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru tentang pengetahuan.
Sehingga, jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berperan aktif, maka pembelajaran tersebut bertentangan dengan hakikat belajar.
PAKEM
diterapkan dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran model
konvensional dinilai menjemukan, kurang menarik bagi para peserta didik
sehingga berakibat kurang optimalnya penguasaan materi bagi peserta didik.
Akan
tetapi, PAKEM memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam
untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar
sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu
belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik,
menyenangkan dan efektif.
Ciri-ciri/karakteristik PAKEM adalah:
a. Pembelajarannya
mengaktifkan peserta didik
b. Mendorong
kreativitas peserta didik dan guru
c. Pembelajarannya
efektif
d. Pembelajarannya
menyenangkan utamanya bagi peserta didik
Prinsip PAKEM :
1.
Mengalami: peserta didik terlibat secara aktif baik
fisik, mental maupun emosional
2.
Komunikasi: kegiatan pembelajaran memungkinkan
terjadinya komunikasi antara guru dan peserta diidik
3.
Interaksi: kegiatan pembelajarannyaa memungkinkan
terjadinya interaksi multi arah
4.
Refkesi: kegiatan pembelajarannya memungkinkan peserta
didik memikirkan kembali apa yang telah dilakuka
Tujuan Penilaian
Pembelajaran Model Pakem :
a.
Menilai kemampuan individual melalui tugas
tertentu
b.
Menentukan kebutuhan pembelajaran
c.
Membantu dan mendorong siswa
d.
Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang
lebih baik
e.
Menentukan strategi pembelajaran
f.
Akuntabilitas lembaga
g.
Meningkatkan kualitas pendidikan
Kelebihan Pakem :
- Pakem merupakan pembelajaran yang mengembangkan kecakapan hidup
- Dalam pakem siswa belajar bekerja sama
- Pakem mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
- Pakem mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses
- Pakem menghargai potensi semua siswa
- Program untuk meningkatkat pakem disekolah harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya
Kekurangan Pakem :
- Perbedaan individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki / perempuan, pintar/kurang pintar,social,ekonomi tinggi/rendah
- Pembelajaran belum membelajarkan kecakapan hidup
- Pengelompokan siswa masih dari segi pengaturan tempat duduk,kegiatan yang dilakukan siswa sering kali belum mencerminkan belajar kooperatif yang benar
- Guru belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran pakem yang baik
- Pajangan sering menampilkan hasil kerja siswa yang cenderung seragam
- Pembelajaran masih sering berupa pengisian lembar kerja siswa (LKS) yang sebagian besar pertanyaanya bersifat tertutup
Komentar
Posting Komentar