REFLEKSI KONSEP DAN PRINSIP PEMBELAJARAN PAKEM
REFLEKSI KONSEP DAN PRINSIP
PEMBELAJARAN PAKEM
PAKEM merupakan pembelajaran
yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan
ketrampilan, sikap, dan pemahaman. Dari penjelasan mengenai pengertian PAKEM
tersendiri, mampu dibuat suatu gambaran mengenai bentuk pembelajaran PAKEM
yaitu,
1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan
2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat
3. Guru mengatur kelas dengan menyediakan “pojok buku”
4. Guru mendorong siswa untuk menemukan permasalahan
sendiri
Konsep dari pembelajaran PAKEM
PEMBELAJARAN
AKTIF
: Siswa berinteraksi secara aktif dengan lingkungan.
KREATIF
: Pembelajaran yang membangun kreativitas siswa.
EFEKTIF
: Pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dapat meningkatkan
efektivitas pembelajaran.
MENYENANGKAN
: pembelajaran dirancang untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.
Ciri-ciri
PAKEM yaitu,
a.
Pembelajarannya
mengaktifkan peserta didik
b.
Mendorong
kreativitas peserta didik &guru
c.
Pembelajarannya
efektif
d.
Pembelajarannya
menyenangkan utamanya bagi peserta didik
Prinsip
pembelajaran PAKEM
- Mengalami: peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental maupun emosional
- Komunikasi: kegiatan pembelajaran memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan peserta diidik
- Interaksi: kegiatan pembelajarannyaa memungkinkan terjadinya interaksi multi arah
- Refleksi: kegiatan pembelajarannya memungkinkan peserta didik memikirkan kembali apa yang telah dilakukan
Proses
pembelajaran PAKEM
1. Penilaian yang sesuai dengan pembelajaran model Pakem
adalah penilaian otentik
2. Tujuan Penilaian otentik itu sendiri adalah untuk: (a)
Menilai Kemampuan Individual melalui tugas tertentu
3. Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan,
tertulis, dan perbuatan
4. Dalam pembelajaran, dengan pendekatan Pakem rangkaian
penilaian ini seyogiayanya dilakukan oleh seorang guru
Komentar
Posting Komentar