Refleksi Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)
Refleksi
Pendekatan CTL (Contextual Teaching
and Learning)
Rabu, 29
Maret
2017
Pembelajaran konstektual adalah
suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam
pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks
kehidupan mereka sehari-hari, yaitu dengan konteks lingkungan pribadinya,
sosialnya, dan budayanya.
Tujuan CTL
• Membantu para siswa dengan cara yang tepat untuk
mengaitkan makna pada pelajaran-pelajaran akademik mereka.
•
CTL membuat siswa mampu menghubungkan isi dari
subjek-subjek akademik dengan konteks kehidupan keseharian mereka untuk
menemukan makna
• Memberikan pengalaman-pengalaman baru yang
merangsang otak membuat hubungan-hubungan baru, dan menemukan makna baru.
Konsep Pendekatan CTL
•
Belajar bukanlah menghafal
•
Belajar bukan sekedar mengumpulkan fakta yang
lepas-lepas
•
Belajar adalah proses pemecahan masalah
• Belajar adalah proses pengalaman sendiri yang
berkembang secara bertahap dari yang sederhana menuju yang kompleks.
•
Belajar pada hakikatnya adalah menangkap
pengetahuan dari kenyataan
Karakteristik Pembelajaran
Kontekstual
- Pembelajaran dilaksanakan dalam konteks yang autentik
- Pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang bermakna (meaningful learning).
- Pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa melalui proses mengalami (learning by doing).
- Pembelajaran dilaksanakan melalui kerja kelompok, berdiskusi, saling mengoreksi (learning in a group).
- Kebersamaan, kerja sama saling memahami dengan yang lain secara mendalam (learning to know each other deeply).
- Pembelajaran dilaksanakan secara aktif, kreatif, kreatif, dan mementingkan kerja sama (learning to ask, to inquiry, to York together).
- Pembelajaran dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan (learning as an enjoy activity).
Komponen – Komponen CTL
- Konstruktivisme
- Menemukan (inquiri)
- Bertanya (Questioning)
- Masyarakat Belajar (Learning Comunity)
- Pemodelan ( Modeling)
- Refleksi ( Reflection)
- Penilaian yang sebenarnya ( Autenthic Assesment)
Penerapan
Pendekatan CTL di Kelas
Secara garis besar
langkah-langkah untuk menerapkan ketujuh komponen CTL tersebut adalah sbb:
(1) Kembangkan pemikiran
bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan
sendiri, dan mengkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya.
(2) Laksanakan sejauh mungkin
kegiatan inkuiri untuk semua topik
(3) Kembangkan sifat ingin
tahu siswa dengan bertanya.
(4) Ciptakan
"masyarakan belajar" (belajar dalam kelompok)
(5) Hadirkan
"model" sebagai contoh pembelajaran
(6) Lakukan refleksi di
akhir pertemuan
(7) Lakukan penilaian yang
sebenarnya dengan berbagai cara
Komentar
Posting Komentar