Review Pemahaman tentang Teori Belajar Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivistik
Review
Rabu,
22 Februari 2017
- Cara menyimpulkan suatu materi di akhir jam pembelajaran yaitu dengan menambahkan pendalaman materi, meluruskan jawaban-jawaban saat berdiskusi, mengabil hal-hal penting selama pembelajaran dan dikaitkan dengan materi pembelajaran yang akan datang atau pembelajaran masa depan.
Contoh
: penyimpulan materi mengenai virus yang dikaitkan atau dihubungkan dengan
penyakit yang mudah menyerang system imun kita.
- Pada teori kognitif terdapat
1. Asimilasi
: gabungan dari suatu hal yang lama dan yang baru sehingga menghasilkan makna
yang sama. Proses asimilasi berlangsung cukup sulit terhadap orang-orang
dewasa, karena orang dewasa lebih mempercayai kejadian-kejadian yang pernah
dialaminya.
Perbedaan
pandangan vigotsky dengan jean piaget:
Vigotsky
: lebih mengedepankan komunikasi atau ilmu sosial
Piaget
: perkembangan mental sejalan dengan perkembangan fisik
Diskusi
merupakan landasan dari teori vigotsky
Kooperatif
merupakan sistem pembelajaran yang berlandaskan pada teori piaget
2. Akomodasi
- Perbedaan antara penghargaan dan hadiah :
Penghargaan
: hasil dari sebuah proses belajar
Hadiah
: bisa diberikan tidak tentu dalam hal yang berkaitan dengan pembelajaran
- Self efficacy kognitif adalah salah satu kemampuan pengaturan diri suatu individu. Self efficacy mengacu pada persepsi tentang kemampuan individu untuk mengorganisasi dan mengimplementasi tindakan untuk menampilkan kecakapan tertentu.
- Teori kontruktivistik : apapun bentuk belajarnya yang terpenting mampu membentuk pemahaman dan bukan hanya sekedar mengingat. Cara mengecek berhasilnya teori ini yaitu dengan adanya seorang siswa yang mampu menghasilkan sesuatu atau sebuah produk.
- Ketika evaluasi harus ada penerapannya terlebih dahulu, setelah itu dianalisis kemudian baru bisa di evaluasi.
Komentar
Posting Komentar