Review Pemahaman tentang Teori Belajar Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivistik



Review
Rabu, 22 Februari 2017
  • Cara menyimpulkan suatu materi di akhir jam pembelajaran yaitu dengan menambahkan pendalaman materi, meluruskan jawaban-jawaban saat berdiskusi, mengabil hal-hal penting selama pembelajaran dan dikaitkan dengan materi pembelajaran yang akan datang atau pembelajaran masa depan.
Contoh : penyimpulan materi mengenai virus yang dikaitkan atau dihubungkan dengan penyakit yang mudah menyerang system imun kita.
  • Pada teori kognitif terdapat
1.  Asimilasi : gabungan dari suatu hal yang lama dan yang baru sehingga menghasilkan makna yang sama. Proses asimilasi berlangsung cukup sulit terhadap orang-orang dewasa, karena orang dewasa lebih mempercayai kejadian-kejadian yang pernah dialaminya.
Perbedaan pandangan vigotsky dengan jean piaget:
Vigotsky : lebih mengedepankan komunikasi atau ilmu sosial
Piaget : perkembangan mental sejalan dengan perkembangan fisik
Diskusi merupakan landasan dari teori vigotsky
Kooperatif merupakan sistem pembelajaran yang berlandaskan pada teori piaget
2.      Akomodasi
  • Perbedaan antara penghargaan dan hadiah :
Penghargaan : hasil dari sebuah proses belajar
Hadiah : bisa diberikan tidak tentu dalam hal yang berkaitan dengan pembelajaran
  • Self efficacy kognitif adalah salah satu kemampuan pengaturan diri suatu individu. Self efficacy mengacu pada persepsi tentang kemampuan individu untuk mengorganisasi dan mengimplementasi tindakan untuk menampilkan kecakapan tertentu.
  • Teori kontruktivistik : apapun bentuk belajarnya yang terpenting mampu membentuk pemahaman dan bukan hanya sekedar mengingat. Cara mengecek berhasilnya teori ini yaitu dengan adanya seorang siswa yang mampu menghasilkan sesuatu atau sebuah produk.
  • Ketika evaluasi harus ada penerapannya terlebih dahulu, setelah itu dianalisis kemudian baru bisa di evaluasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran

TEORI BELAJAR REVOLUSI SOSIO KULTURAL DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN

REFLEKSI PEMBELAJARAN KOOPERATIF