Refleksi Teori Belajar Kognitif
Refleksi Teori Belajar
Kognitif
Rabu,
8 Februari 2017
·
Jenis - jenis pengetahuan meliputi :
a. Pengetahuan
deklaratif : penyampaian materi dengan kata-kata
b. Pengetahuan
prosedural : merupakan bentuk penyampaian secara proses atau bertahap, jadi
setelah mendapat informasi apa yang harus dilakukan
c. Pengetahuan
kondisional : adanya keselarasan deklaratif dan prosedural, yang mana siswa
harus tau fakta di lingkungan sekitarnya
·
Teori kognitif Gestalt
a. Insight
: pengalaman tilikan, maksudnya kemampuan
kita dalam mengetahui unsur-unsur yang kita pelajari
b. Meaningfull
learning : pemahaan konsep
c. Purposive
behavior : mengetahui tujuan dari apa yang dipelajari
d. Life
space : prinsip ruang hidup, adanya kemampuan untuk mengetahui apa yang kita
tahu dengan sesuatu yang ada dilingkungan kita
e. Transfer
: kita dapat menghadapi masalah dengan apa yang sudah kita ketahui
·
Teori Jean Piaget
Piaget berpendapat bahwa proses belajar harus disesuaikan dengan empat tahapan,
antara lain:
a.
Tahap
Sensori Motor (0-2 tahun)
Pada tahap ini seorang anak mengembangkan dan mengatur kegiatan fisik
dan mental menjadi rangkaian pembuatan yang bermakna.
b.
Tahap
pra-operassional (2-7 tahun)
Pada tahap ini seorang anak masih sangat dipengaruhi oleh hal-hal khusus
yang didapat dari pengalaman menggunakan indra sehingga ia belum mampu untuk
melihat hubungan-hubungan dan menyimpulkan sesuatu secara konsisten.
c.
Tahap
operasional konkret (7-11 tahun)
Pada tahap ini seorang anak dapat membuat kesimpulan dari seesuatu pada
situasi nyata atau dengan menggunakan benda konkret, dan mampu mempertimbangkan
dua aspek dari situasi nyata secara bersama-sama (misalnya, antara bentuk dan
ukuran).
d.
Tahap
operasional formal (11 tahun keatas)
Pada tahap ini kegiatan kognitif seseorang tidak mesti menggunakan benda
nyata. Selain itu pula kemampuan menalar secara abstrak meningkat sehingga
seseorang mampu untuk berfikir secara deduktif. Dan juga pada tahap ini,
seseorang mampu mempertimbangkan beberapa aspek dari suatu situasi secara
bersama-sama.
e.
Tahap operasional formal (15 keatas)
Anak dalam jangka umur tersebut sudah mampu dalam berpikir secara
abstrak, mampu meprediksi sesuatu, mampu
mengoperasikan sesuatu yang bersifat abstrak
·
Teori Bruner
Pada teori ini menjelaskan adanya bentuk
pembelajaran konsep serta ada tanggapan belajar. Menurut Bnuner, perkembangan
kognitif seseorang terjadi tiga tahap yang ditentukan oleh caranya melihat lingkungan,
yaitu sebagai berikut:
a. Tahap enaktif
Seseorang
melakukan aktivitas-aktivitas dalam upayanya untuk memahami lingkungan
sekitarnya.
b.
Tahap
ikonik
Tahap
pembelajaran ketika materi pembelajaran bersifat abstrak, dipelajari siswa
dengan menggunkan ikon, gambar dan diagram yang menggambarkan kegiatan nyata
dengan benda-benda konkret.
c.
Tahap
simbolik
Seseorang
telah mampu mempunyai ide-ide abstrak yang sangat dipengaruhi oleh kemampuanya
dalam berbahasa atau logika. Cara yang baik untuk belajar adalah memahami
konsep, arti dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada
suatu kesimpulan (discovery learning).
·
Teori David P. Ausubel
1. Belajar
dengan penentuan yang bermakna : belajar dengan cara memaknai bukan dengan menghafal
2. Belajar
dengan ceramah yang bermakna
3. Belajar
dengan penemuan yang bermakna : akan tetapi tidak baik jika sistematikanya
tidak terstruktur
4. Belajar
dengan ceramah yang tidak bermakna : karena bersifat menghafal
·
Prinsip teori kognitif
- Pembelajaran aktif
- Pemahaman dari yang diketahui
- Memahami dari rekaman
- Perubahan mental
·
Kelebihan teori belajar kognitif :
a. Menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri
b. Membantu siswa memahami bahan belajar lebih mudah
c. Lebih mengenali siswa dan lebih aksial dalam mengembangkan kemampuan siswa
·
Kelemahan teori belajar kognitif :
a. Menganggap bahwa kemampuan setiap peserta didik itu sama, padahal kemampuan
setiap individu itu bervariasi
b. Peserta didik tidak mengerti materi sepenuhnya
·
Pengembangan
dalam teori belajar kognitif :
Pengembangan
program pembelajaran yang dapat mengoptimalkan keterlibatan mental intelektual
pembelajaran pada setiap jenjang belajar
·
Setiap
individu memiliki gaya yang berbeda-beda dalam memperoleh informasi
·
Dimensi gaya
kognitif:
- Perceptual modality preffrrence,
- Field dependent Field independent
- Strong and weakness automation
·
Ruang
lingkup psikologi kognitif :
- Sensasi dan persepsi
- Atensi : kemampuan seseorang dalam memilih dan mengolah informasi
- Bahasa : bentuk komunikasi sebagai bentuk simbol
- Pemecahan : jalan keluar dari suatu masalah
- Kreativitas : pemikiran yang menghasilkan suatu pandangan yang baru yang mengutamakan kegunaannya
·
Kemapuan belajar seutuhnya berawal dari adanya
kognitif, afektif dan psikomotor
Contoh, hasil IP yang tinggi menunjukkan
kapabilitas belajar yang tinggi pula
·
Keberhasilan belajar didapatkan dari hasil kita memahami
materi yang disampaikan atau belum
· Tujuan dari dibuatnya PR yaitu untuk menguji pemahaman
ataupun bisa disebut sebagai penyiapan siswa sebelum menerima materi selama
proses pembelajaran
Komentar
Posting Komentar