REFLEKSI PROBLEM SOLVING & PROBLEM BASED LEARNING



REFLEKSI PROBLEM SOLVING & PROBLEM BASED LEARNING

Problem Solving
Metode pembelajaran problem solving merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaaian secara ilmiah.
Tujuan
  1. Mengembangkan kemampuan berfikir,terutama dalam mencari sebab akibat dan tujuan suatu permasalahan.
  2. Memberikan pengetahuan dan kecakapan praktis yang bernilai atau bermanfaat bagi keperluan kehidupan sehari-hari.
  3. Belajar bertindak dalam situasi baru.
  4. Belajar bekerja sistematis dalam memecahkan masalah.
Kelebihan
  1. Metode ini membuat pendidikan disekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan .
  2. Dapat membiasakan para siswa menghadapi permasalahan di dalam kehidupan.
  3. Merangsang pengembangan berfikir siswa secara kreatif dan menyeluruh
  4. Melatih siswa untuk mengidentifikasikan dan melakukan penyelidikan
  5. Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalam dunia nyata.
Kekurangan
  1. Manakala siswa tidak memiliki minat dan tidak memiliki keercayaan bahwa masalah yang di pelajari sulit dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba
  2. Mengubah kebiasaan siswa belajar dari mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berfikir memecahkan permasalahan sendiri atau kelompok kadang memerlukan berbagai sumber belajar merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa.
  3. Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ini sering memerlukan waktu yang cukup banyak.

Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
Problem based learning merupakan strategi pembelajaran dalam konteks kehidupan nyata yang berorientasi terhadap pemecahan masalah dengan memanfaatkan berfikir kritis, sintetik dan praktikal melalui pemanfaatan multilple intelegence dengan membiasakan belajar.
Tujuan
  1. Pemecahan masalah secara efektif, efisien, menarik, terintegrasi dan fleksibel
  2. Pemecahan masalah dengan penuh inisiatif dan antusias
  3. Kemampuan belajar mandiri dan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari – hari
  4. Mampu berkolaborasi secara efektif, efisien, dan menarik dalam sebuah kerja tim
  5. Ingin meningkatkan secara maksimal daya tahan ingatan
  6. Untuk menjamin penyampaian informasi yang tidak hanya sekedar transfer pengetahuan saja
Karakteristik / Ciri PBL
  1. Menggunakan masalah sebagai fakta serta alternative solusi yang dapat dilakukan
  2. Memfokuskan pada interdisiplin keilmuwan
  3. Menggunakan penyelidikan secara autentik
  4. Menghasilkan produk
  5. Kolaborasi dan kerja sama
Tahap Pembelajaran PBL
  1. Penyampaian Ide
  2. Penyajian Fakta yang Diketahui (Known Fact)
  3. Mempelajari Masalah (Learnning Issues)
  4. Menyusun Rencana Tindakan (Action Plan)
  5. Tahap Evaluasi
Kelebihan dari Metode PBL
  1. Memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk memecahkan masalah berdasarkan cara atau gaya belajar individu masing – masing
  2. Pengembangan ketrampilan berfikir kritis
  3. Peserta didik dilatih untuk mengembangkan cara – cara menemukan (discovery), bertanya (questioning), mengungkapkan (articulating), menjelaskan, mempertimbankan, dan membuat keputusan
Kelemahan dari Metode PBL
  1. Keberhasilan strategi pembelajaran model PBL membutuhkan waktu cukup lama
  2. Perlu ditunjang oleh buku yang dapat dijadikan pemahaman dalam kegiatan belajar
  3. Tanpa pemahaman mengapa mereka berusaha untuk memecahkan masalah yang sedang dipelajari, maka mereka tidak akan belajar apa yang mereka ingin pelajari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran

TEORI BELAJAR REVOLUSI SOSIO KULTURAL DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN

Refleksi Teori Belajar Kognitif