Hakikat dan Ciri-Ciri Belajar dan Pembelajaran (Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif)
·
Proses belajar adalah proses yang kompleks,
tergantung pada teori belajar yang dianutnya.
Pengertian Belajar dan Pembelajaran
Menurut Howard L. Kingsley dalam Dantes (1997)
mengemukakan bahwa “belajar adalah suatu proses bukan produk. Proses dimana
sifat dan tingkah laku ditimbulkan dan diubah melalui praktek dan latihan‟. Pada hakekatnya belajar adalah segala proses atau usaha
yang dilakukan secara sadar, sengaja, aktif, sistematis dan integratif untuk
menciptakan perubahan-perubahan dalam dirinya menuju kearah kesempurnaan hidup.
·
Pengertian Pembelajaran
Menurut Harefa (2001:66-67) dan Pusat kurikulum
(dalam Pidarta, 2007:196), dipandang dari bidang atau mata pelajaran keilmuan,
pembelajaran berarti belajar bagaimana belajar atau learning how to learn dan belajar bagaimana berpikir atau learning how to think sesuai dengan
prinsip-prinsip keilmuan tertentu. Dilihat dari bidang atau mata pelajaran
keterampilan, pembelajaran berarti belajar melakukan atau learning how to do. Dilihat dari bidang atau mata
pelajaran yang bersifat social budaya, pembelajaran berarti belajar bergaul
atau learning how to live together.
·
Perbedaan belajar dengan pembelajaran terletak pada
fokus bahasan :
Belajar : peserta didik & proses yang menyertai
perubahan tingkah laku
Pembelajaran : upaya guru membuat peserta didik
belajar
·
Teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol
variabel-variabel. Pembedaan teori belajar (deskriptif) dan pembelajaran
(preskriptif) dikembangkan oleh Bruner, lebih lanjut oleh Reigeluth (2007:52),
Gropper (2009 : 166-167), dan Landa (2006 :24). Menurut Reigeluth (dalam Degeng,
2007:43) teori-teori dan prinsip pembelajaran yang deskriptif menempatkan
variabel kondisi dan metode pembelajaran sebagai givens dan memberikan hasil
pembelajaran sebagai variabel yang diamati. Dengan kata lain kondisi dan metode
pembelajaran sebagai variabel bebas dan hasil pembelajaran sebagai variabel
tergantung. Sebaliknya dalam teori-teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
preskriptif menempatkan kondisi dan hasil sebagai givens sedangkan metode yang optimal
ditetapkan sebagai variabel yang bisa diamati. Jadi metode pembelajaran sebagai
variabel tergantung. Teori preskriptif adalah goal oriented, sedangkan teori deskriptif adalah goal free (Reigeluth, 2007:53). Artinya
teori pembelajaran preskriptif adalah untuk mencapai tujuan, sedangkan teori
pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memerikan hasil.
·
Keberhasilan Belajar dan Pembelajaran
Belajar merupakan peningkatan dan perubahan
kemampuan kognitif, apektif, dan psikomotorik kearah yang lebih baik lagi.
Keberhasilan belajar siswa merupakan akibat dari tindakan dari sebuah
pembelajaran yang tidak lepas dari peran aktif guru dan siswa itu sendiri dalam
melaksanakan proses pembelajaran.
·
Ciri-ciri belajar
Jika hakikat belajar adalah perubahan tingkah laku,
maka ada beberapa perubahan tertentu yang dimasukkan ke dalam ciri-ciri belajar
menurut Djamarah (2002:15-16) sebagai berikut :
a)
Perubahan yang terjadi secara sadar
Individu
yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan atau sekurang-kurangnya
individu merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya.
b)
Perubahan dalam belajar bersifat fungsional
Sebagai
hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri individu berlangsung terus-menerus
dan tidak statis. Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan
berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan atau proses belajar berikutnya.
c)
Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
Dalam
perbuatan belajar, perubahan selalu bertambah dan tertuju memperoleh suatu yang
lebih baik dari sebelumnya. Makin banyak usah belajar dilakukan, makin banyak
dan makin baik perubahan yang diperoleh.
d)
Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
Perubahan
bersifat sementara yang terjadi hanya untuk beberapa saat saja seperti berkeringat,
keluar air mata, menangis dan sebagainya. Perubahan terjadi karena proses
belajar bersifat menetap atau permanen.
e)
Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku
Perubahan
yang diperoleh individu setelah melalui suatu proses belajar meliputi perubahan
keseluruhan tingkah laku jika seseorang belajar sesuatu sebagai hasil ia akan
mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap kebiasaan,
keterampilan, pengetahuan.
Komentar
Posting Komentar